Sabtu, 03 Maret 2012

Rossi : Realistis di 2012

MotoGP Mania – Event WROOOOM ke-22 tahun 2012 ini menjadi kesempatan resmi pertama awak media bertemu dengan Valentino Rossi di awal tahun. Maka ketika Rider Italia itu hadir dalam acara jumpa pers kemarin (10/1/12) ia pun langsung dicecar berbagai pertanyaan perihal penampilannya di musim 2011 serta persiapannya menghadapi musim 2012.
Rossi Wrooom 2012 300x199 Rossi: Realistis, Belum Menargetkan Juara“Sepeda motor telah berubah cukup drastis, dan Ducati telah membuat upaya besar untuk membuatnya siap pada waktunya untuk test pertama. Saya tidak khawatir, tetapi lebih optimis dan percaya diri. Begitu kita memulai pengujian, kita akan tahu di titik mana kita berada dan seberapa banyak kita telah berhasil melakukan peningkatan. Saya tidak mengharapkan motor yang akan sempurna sejak test pertama, tapi saya pikir kami bisa memahami jika kita telah bekerja dengan baik. Kami telah membuat rencana kerja yang lebih terorganisir dan jelas untuk 2012,” komentar Rossi.
Selain tentang motor baru, banyak orang tentu masih bertanya-tanya tentang apa yang yang sebenarnya terjadi dengan Rossi dan Ducati tahun lalu.
“Tahun lalu lebih buruk karena dari test pertama kami memahami bahwa musim ini akan sangat tangguh dan sulit. Setelah tiga lap kami mengerti kami tidak bisa memenangkan balapan pertama, tapi sekarang situasinya lebih baik – karena saya fit. Hari ini saya dalam kondisi fisik yang baik, dan kita memiliki dua atau tiga minggu ke depan. Saya siap untuk test pertama. Mencoba untuk memenangkan balapan pertama hanya mimpi dan secara realistis kami masih terlalu jauh, tapi mungkin motor baru akan menjadi sebuah keajaiban.”
“Kami mencoba untuk mempercepat segalanya, dan itulah sebabnya debut GP12 kami lakukan sedini mungkin, kita menyadari motor lama akan membuat kita berjuang. Sayangnya kita juga berlari dalam masalah dengan motor baru, yang kemudian kita mulai mengerjakannya. Pada akhirnya itu adalah hibrida antara dua motor, yang lama dan yang baru, tapi sekarang Filippo Preziosi telah merancang sebuah motor yang sama sekali baru.”
Meskipun dengan segala perubahan yang telah dilakukan pabrikan Italia itu, Valentino tetap berusaha realistis dan belum berani memasang target untuk bersaing memperebutkan title kejuaraan 2012.
“Saya tidak ingin mengatakan dari awal bahwa saya tidak bisa berjuang untuk kejuaraan, tetapi saya harus realistis. Pada akhirnya ada 1,5 detik kita harus pulih, dan target kami adalah untuk mendekat dengan pembalap lain dan mampu balapan dengan mereka dan fight dengan mereka. Ini adalah tujuan kami. Kita tahu kita membutuhkan waktu, tapi kami bekerja sama dengan baik. Bekerja dengan Ducati sangat baik, bahkan jika hasilnya berada di bawah harapan kami. Suasananya bagus dan kita semua percaya pada apa yang kita lakukan.”
Lebih jauh The Doctor kemudian mulai sedikit bicara lebih rinci tentang Ducati baru yang akan dipersiapkan untuk musim ini.
Rossi Guareschi 300x199 Rossi: Realistis, Belum Menargetkan Juara“Salah satu hal paling penting adalah membuat ban cepat bekerja seperti yang seharusnya, sehingga bersama-sama dengan Filippo, kita sudah mencoba untuk datang dengan motor yang akan membiarkannya melakukannya sebaik mungkin. Kami akan melihat apakah kita sudah berhasil untuk hal itu. Semoga Bridgestone juga akan bekerja dengan kami dalam arah ini. Kita tidak perlu perubahan besar dari ban, hanya modifikasi kecil akan membantu untuk pembalap. Kita hanya perlu sedikit bantuan dari bagian mereka, dan itu harus memungkinkan. Pada tahun 2007 mereka sudah membuktikan mereka bisa membuat ban terbaik di dunia, sehingga tidak perlu menjadi goal mereka lagi.”
Tahun 2012 MotoGP akan kmbali ke mesin 1000cc. Tetapi menurut Rossi motor baru yang akan dipakai musim ini karakteristiknya justru lebih mirip dengan 800cc ketimbang 990cc lima tahun yang lalu, terutama karena adanya berbagai piranti elektronik.
“Motor-motor baru akan lebih menyenangkan untuk dinaiki, tapi sayangnya lebih mirip dengan 800 daripada 990 lama, ada banyak alat bantu elektronik dan ban sangat berbeda dengan lima tahun lalu. Motor ini sangat kuat, dan mesin yang lebih besar lebih menarik untuk dinaiki dan memungkinkan untuk beberapa sliding, jadi saya pikir itu perbaikan. Saya juga berharap mesin yang lebih kuat membantu pembalap (berbadan) lebih besar seperti saya dan Hayden, karena kami kehilangan terlalu banyak dari pembalap yang lebih ringan pada era 800.”
Selanjutnya pembicaraan mulai mengarah pada kontrak. Akhir musim 2012 ini kontrak Rossi dengan Ducati akan berakhir seperti juga halnya dengan pembalap-pembalap pabrikan lainnya. Dan Rossi ternyata masih betah di Ducati dan mengaku sangat mustahil kembali bergabung dengan pabrikan Jepang.
“Saya pikir kita akan membahas itu selama musim ini, tapi saya tidak ingin hal itu menjadi gangguan terlalu banyak dari kejuaraan. Ini akan menarik karena semua kontrak pembalap habis sehingga bisa menjadi kartu reshuffle. Saya ingin membantu Ducati mencapai sesuatu, untuk memenangkan gelar lain, dan kemudian mungkin berhenti. Tapi saya ingin setidaknya satu kontrak yang lebih, dua tahun lagi.”
“Situasi dengan pasar pembalap akan menarik, tetapi tampaknya sangat tidak mungkin saya akan kembali pada motor Jepang.”
Bulan depan pemegang predikat juara dunia 9 kali itu akan genap berusia 33 tahun. Usia yang sudah tidak muda lagi, terutama jika dibandingkan dengan rival-rivalnya seperti Casey Stoner, Dani Pedrosa ataupun Jorge Lorenzo. Meski begitu Rossi merasa gairahnya untuk balapan tidak berubah.
Rossi Ski 300x199 Rossi: Realistis, Belum Menargetkan Juara“Kelaparan saya untuk sukses masih sama seperti sebelumnya, dan saya masih merasa sangat cepat. Satu-satunya hal yang telah berubah, secara alami, adalah usia saya. Sekarang saya bagian dari generasi yang lebih tua. Tapi saya masih tertarik pada balap dan saya pikir saya sangat kompetitif. Saya hanya perlu berada dalam situasi yang tepat untuk menunjukkan hal itu. Ini adalah sesuatu yang baik. Ducati dan saya bekerja. Saya bersaing dengan pembalap yang sangat kuat yang lebih muda, dan sekarang lebih sulit untuk membuat perbedaan dengan memenangkan 10 atau 11 balapan dalam satu musim.”
Bicara 10 kemenangan, tahun lalu Stoner berhasil melakukannya. Bagi Rossi kehebatan Honda musim lalu karena mereka berani mengeluarkan dana selangit demi mencapai kemenangan, dan pabrikan lain tak kuasa mengikutinya.
“Musim lalu Honda memutuskan untuk menang, dan mereka mengeluarkan anggaran yang orang lain tidak bisa menyesuaikan, membuat motor yang luar biasa dalam proses. Saya pikir teknologi ini akan dilewati ke 1000, tapi saya berharap bahwa kita dan Yamaha dapat lebih kompetitif dan membuat kejuaraan yang lebih seimbang.”
Rossi mengawali musim 2011 terkendala cidera bahu akibat kecelakaan motocross. Tahun ini rekan satu timnya, Nicky Hayden dan rekan senegaranya, Andrea Dovizioso yang mengalaminya. Bagi The Doctor itu adalah bagian dari pekerjaan seorang pembalap.
“Itu bagian dari pekerjaan kami. Kami perlu berada pada motor untuk melatih dan meningkatkan riding style kami. Selalu berbahaya ketika Anda naik, dan khususnya pada motor motocross, tetapi penting bahwa kita latihan dengan berbagai jenis motor, atau bahkan track datar, untuk meningkatkan feeling kita dengan slide. Anda hanya perlu berhati-hati dan beruntung.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes