Sabtu, 03 Maret 2012

Lorenzo Siapa Yang irit Ban Dia Menang

Jorge Lorenzo menekankan kalau pembalap yang mampu menghemat performa ban akan berkesempatan menjadi kandidat terkuat untuk mempertahankan kesuksesan demi meraih titel juara dunia MotoGP di gerbang era 1000cc pada musim ini.

Dalam tes pra musim kedua yang bertempat di Sepang, Lorenzo berkesempatan melakukan simulasi balapan, membesut motor YZR-M1 sepanjang 19 lap untuk menguji performa ban lunak Bridgestone terbaru. Juara dunia musim 2010 tersebut dikejutkan oleh degaradasi grip yang berlangsung dengan cepat. Akan tetapi daya tahan ban tersebut mengalami penurunan drastis hanya setelah membalap selama empat lap.
 

Lorenzo melakukan tes
dengan catatan waktu cukup konsisten di kisaran 2’01′ dan pembalap yang finish keempat pada hari terakhir tes di Malaysia tersebut mengatakan: ”Saya melihat kalau tahun ini akan menjadi sangat, sangat sulit untuk mempertahankan kecepatan yang konsisten sepanjang balapan. Pembalap yang tidak bermasalah terhadap ban sampai akhir balapan akan menjadi kuat pada musim ini. Setelah tiga tau empat lap ban belakang terdegradasi banyak dan setelahnya performanya cukup konstan. Ban depan juga terasa sangat lunak bagi saya dan saya banyak bermasalah dengan pengereman. Tapi saya masih bisa mempertahankan kecepatan dengan konstan dan saya sangat puas. Sekarang kami punya banyak data untuk ban, elektronik dan pemakaian bahan bakar dan hal-hal itu penting.”

Bobot dan tenaga ekstra dari pemakaian mesin 1000cc ditambah tantangan untuk mengontrol ban depan dan belakang yang lebih banyak tergelincir menyebabkan balapan dengan motor 1000cc lebih menguras tenaga dibandingkan dengan berlomba di era transisi 800cc. JLo mengatakan: ”Saat melakukan pengereman terasa menguras fisik namun ketika Anda berada di tepi trek Anda selalu merasa panik takut jatuh karena dengan memakai ban lunak akan sangat sulit untuk membalap karena selalu goyah seperti di kondisi hujan. Motornya lebih sulit dibalap untuk jarak tempuh yang lama.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes