Sabtu, 03 Maret 2012

Tertinggal Di Belakang, Ducati Tidak Panik

Jika Valentino Rossi telah merasa cemas terhadap catatan waktu yang telah menempatkannya di peringkat ke-10 pada akhir tes pra musim kedua MotoGP, lain halnya dengan team manager Ducati Vittoriano Guareschi yang tetap menjaga optimisme terhadap perkembangan motor GP12 yang diharapkan menjadi senjata ampuh meredam dominasi kompetitornya seperti Honda dan Yamaha.

Rossi merasa heran mengapa ia tak dapat melaju sekencang pembalap yang membesut motor lainnya. Tetapi Guareschi menjelaskan kalau Valentino Rossi menghabiskan tiga hari tes di Sepang untuk menjajal banyak komponen baru yang menyulitkannya untuk memperbaiki posisi.
Guareschi mengatakan, “Dia menyelesaikan banyak sekali pekerjaan mengetes banyak sekali set up dan pemecahan solusi yang berbeda. Normal saja kalau pembalap tidak mencapai performa maksimal dalam situasi tersebut karena prioritas mereka bukan pada kecepatan (catatan waktu), kecuali pembalap tersebut sedang tidak beruntung.
“Faktanya performa Valentino sangat mirip dengan Hayden yang masih belum pulih 100% dan itu menunjukkan kalau kami bisa melakukan lebih banyak lagi. Jika dia hanya konsen untuk menambah kepercayaan dirinya terhadap motor tersebut, tentu saja Rossi akan lebih cepat, tapi prioritasnya sekarang terfokus pada pekerjaan yang lainnya.
Hector Barbera menjadi pembalap Ducati tercepat dalam sesi tes yang berlangsung kemarin. Tetapi Guareschi tak cemas kalau lap time terbaik yang diraih Barbera dengan motor GPZero akan membenamkan kekuatan GP12. Terlebih sejumlah ‘saksi mata’ menyebutkan kalau catatan waktu terbaik Barbera diraihnya saat mengikuti pembalap yang lebih cepat.
Guareschi melanjutkan, “Pekerjaan yang dilakukan Hector Barbera selama tes kali ini sungguh berbeda dari kami. Motor yang dipakainya sama dengan yang kami punya bulan lalu, jadi dia bisa sepenuhnya fokus untuk memahami motor itu, beradaptasi dan membangun kepercayaan diri. Catatan waktu terbaiknya tidak berada di luar jangkauan Valentino.”


Guareschi tetap dalam mood yang positif untuk menatap tes pra musim terakhir MotoGP yang dihelat di Sirkuit Jerez, pada minggu ketiga bulan Maret dan dia menambahkan, “Jelas kami ingin meraih keberhasilan lebih lanjut, tapi kedua pembalap kami menyukai paket elektronik yang dicoba pada tes kali ini. Kami juga melakukan banyak pekerjaan yang diperlukan. Kami akan pergi ke Jerez dengan ide yang lebih cemerlang dan Valentino akan bebas untuk bisa konsen membalap dan menghasilkan rasa pede terhadap motor GP12. Kita akan lihat bagaimana kami tampil di sana dan untuk mengetahui apakah kami harus mulai khawatir atau tidak.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes