Selasa, 19 Juni 2012

Pedrosa: Pemakaian Ban Depan Baru Rugikan Honda

pedrosatestcatalunya
Dani Pedrosa merasa sangat tidak puas terhadap performa ban depan Bridgestone baru yang akan dapat dipakai sepenuhnya menggantikan ban yang lama pada balapan MotoGP seri keenam yang bakal berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Mulanya ban depan baru tersebut didesain untuk mempercepat proses pemanasan ban guna menghindari seringnya kecelakaan yang diakibatkan oleh ban yang masih dingin. Selain itu, Bridgestone mengklaim kalau ban baru tersebut memberikan ketahanan yang lebih lama saat dipakai untuk balapan.
Akan tetapi Dani Pedrosa yang memang sudah lama sangat menentang peralihan ban depan baru yang sudah dapat dicoba mulai seri Jerez tersebut mengatakan kalau ban baru tersebut berbahaya bagi rider Repsol Honda karena bagian depan motor RC213Vnya mengalami chatter yang membuatnya sulit dikendalikan saat memasuki tikungan.
Usai melakoni tes di Catalunya Dani Pedrosa mengatakan: “Untunglah kami bisa melakukan tes pada trek kering untuk mencoba sejumlah hal pada motor kami. Kami membuat sejumlah kemajuan tetapi tidak cukup untuk disebut sebuah langkah yang besar.
“Pada dasarnya kami mencoba untuk membuat ban depan yang baru agar bekerja dengan baik. Kami melakukan banyak lap dan mencoba hal-hal yang berbeda pada sasis, fork, distribusi berat dan lain sebagainya.
“Kami mendapati chatter pada bagian belakang dan sekarang kami juga menjumpainya pada bagian depan. Saya akan tetap terbuka dan tetap mencoba dengan keras bersama tim untuk memperbaiki situasi tersebut.
“Tetapi situasi seperti ini tidak adil untuk Honda. Mereka beralasan untuk mengganti ban tersebut untuk keselamatan. Tetapi saat ini ban tersebut tidaklah aman bagi kami. Kami membalap mendekati batas maksimal di setiap lapnya. Kami memutuskan untuk tidak pergi ke Aragon karena kami tak punya pilihan untuk mengetes ban depan yang baru di sana.”
Rekan satu timnya, Casey Stoner juga mengatakan hal serupa. Baginya tak perlu ada jenis ban depan baru karena para pembalap lain tidak mengeluhkan versi ban standar yang sebelumnya.
Pada saat melakoni tes di Catalunya, Stoner mengaku fokus untuk mengurangi problem getar pada RC213V dan pembalap asal Australia tersebut mengatakan: “Pada tingkat tertentu kelihatannya kami sudah membenahi masalah getar tersebut. Dan hal itu merupakan langkah positif untuk ke depannya. Tetapi kami harus mencobanya di trek lain untuk lebih jelasnya. Masih ada chatter jadi kami masih memiliki pekerjaan namun sebenarnya kami sudah membuat langkah maju. Ban depan baru ini menghasilkan lebih banyak chatter di depan. Kami tak menyukainya namun akan membuat motor kami bekerja dengannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes