Selasa, 19 Juni 2012

Jika Peraturan Baru Berlaku Lebih Awal, Honda Bakal Keluar Dari MotoGP


Honda mengancam akan keluar dari kejuaraan MotoGP jika penyelenggara kejuaraan ini menerapkan perubahan regulasi besar-besaran lebih cepat, yakni mulai musim 2014.

Dorna, yang tergabung dalam GP Commision selaku penyelenggara MotoGP menginginkan untuk mempercepat diberlakukannya perubahan regulasi teknis lebih awal dari rencana semula, yakni mulai tahun 2015.

Perubahan aturan yang hingga kini masih dalam tahap diskusi meliputi pembatasan rpm, ECU, pembatasan satu motor untuk tiap pembalap, pelarangan penggunaan rem karbon dan lain sebagainya.
Perubahan regulasi tersebut dimaksudkan untuk menciptakan kompetisi balapan yang murah meriah dengan memperdekat kesenjangan antara motor pabrikan dan CRT serta menyiasati melambungnya pengeluaran untuk penyelenggaraan balapan di tengah krisis ekonomi global.
Namun perbedaan pendapat antara penyelenggara balapan dan pabrikan terus berlanjut, dan Honda mengancam akan keluar dari kejuaraan MotoGP jika perombakan regulasi besar-besaran tersebut diberlakukan lebih awal.
Wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto menjelaskan: “Tak mungkin bagi kami untuk menerima perubahan tersebut untuk 2014. Jika demikian, maka kami takkan memberi dukungan pada kejuaraan ini. Jika mereka mengatakan kalau kami harus berpindah jadi CRT semua, maka kami akan keluar dari MotoGP. Kami sudah menjelaskannya pada Dorna.”
Untuk musim 2013, nampaknya tidak akan ada perubahan regulasi teknis yang signifikan. Tetapi menurut race director Mike Webb, aturan baru seperti pembatasan satu motor untuk satu pembalap, pelarangan penggunaan rem karbon, pembatasan empat rider/motor untuk satu pabrikan dan penghapusan aturan rookie bisa saja diberlakukan.
Namun Nakamoto menyebut pelarangan penggunaan rem karbon sebagai aturan yang “tidak masuk akal” dan ia menambahkan: “Kita tak bisa mengorbankan keamanan. Kita seharusnya memikirkan bagaimana caranya untuk mengurangi biaya, bukan mengubah aspek keamanannya.”
Penyelenggara MotoGP menargetkan untuk dapat menyelesaikan rencana pemberlakuan regulasi untuk masa depan MotoGP pada akhir pekan balapan di Assen, Belanda akhir Juni mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes