Rabu, 04 Juli 2012

Review:Motogp assen

GP Mania – “Race is race, anything can happen…”, kalimat ini sepertinya tak akan pernah basi di arena balap. Bukti nyata terjadi pada seri ketujuh MotoGP 2012 yang berlangsung di sirkuit Assen, Belanda pada hari Sabtu lalu (30/06/12). Beberapa rider mengalami nasib buruk yang bukan akibat kesalahannya sendiri.
Stoner Lorenzo Bautista Crash 300x175 Review: MotoGP Belanda 2012First of all, tentu saja kecelakaan yang dialami oleh Jorge Lorenzo. Ia harus tersingkir dari balapan sebelum melewati tikungan pertama di lap pertama akibat manuver ceroboh yang dilakukan oleh Alvaro Bautista.

Keunggulan 25 poin yang dimilikinya usai GP Inggris lenyap seketika, meskipun kini ia masih memimpin kelasemen sementara karena memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dari Casey Stoner. Namun perebutan gelar juara kini akan dimulai dari titik nol lagi setelah keduanya memiliki poin yang sama.
Nasib kurang beruntung juga menimpa Ben Spies dan Valentino Rossi. Spies harus merelakan podium pertamanya musim ini dirampas oleh Andrea Dovizioso setelah ia mengalami masalah pada ban belakangnya.
Problem serupa juga dialami oleh The Doctor, bahkan lebih parah sehingga ia harus masuk pit untuk mengganti ban belakangnya yang sudah rusak berat. Ia pun harus rela tersingkir dari pertempuran hebat melawan Cal Crutchlow, Nicky Hayden dan Hector Barbera dan akhirnya harus puas hanya finish ke-13.
Crutchlow yang sekali lagi menunjukkan penampilan gemilang juga tak lepas dari nasib buruk. Rider Inggris itu kehilangan waktu ketika harus keluar jalur untuk menghindari Bautista dan Lorenzo.
Dari kubu CRT, ‘pimpinan kelasemen’ Aleix Espargaro juga bernasib sial. Usahanya untuk kembali finish terdepan diantara para penunggang CRT terhenti karena mengalami problem mesin.

Ada yang sial, tentu ada juga yang diuntungkan. Perjuangan Stoner mengejar poin Lorenzo menjadi lebih mudah setelah rider Spanyol itu tersingkir dari balapan.
Tentu saja, kemenangn Casey bukan karena keberuntungan semata. Ia harus berjuang untuk mengalahkan chatter pada RC213V serta rasa sakit yang dideritanya akibat kecelakaan pada sesi latihan Kamis pagi. Perjuangan yang sepertinya lebih berat dibanding dengan usaha mengalahkan rekan setimnya, Dani Pedrosa.
TT Assen pastinya akan membuat posisi tawar Pedrosa di tim Repsol Honda semakin terpuruk. HRC masti berpikir untuk tetap menjadikan rider asal Spanyol itu sebagai ujung tombak tim dimasa mendatang, setelah Stoner memutuskan pensiun pada akhir musim 2012 ini. Dani sama sekali tak berdaya menghadapi Stoner, bahkan saat rider Australia itu balapan tidak dalam kondisi yang 100% fit.
Sementara bagi Dovizioso, GP Belanda mungkin bisa lebih mendongkrak peluangnya meraih kursi pabrikan untuk musim depan. Ini adalah podium keduanya di musim 2012 dan sejauh ini ia menjadi satu-satunya rider dari tim satelit yang mampu naik podium.
Randy de Puniet juga merasakan keuntungan lain (selain dari usaha kerasnya tentu) dari beberapa musibah yang dialami pembalap lain, kecelakaan Lorenzo dan Bautista, kecelakaan Stefan Bradl, Rossi masuk pit serta masalah mesin yang dialami rekan setimnya, Espargaro, membuatnya sukses meraih hasil terbaik sepanjang musim yang sudah berlangsung dengan finish di posisi kedelapan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes