GP Mania – Komisi Grand Prix telah bertemu kembali
di meja perundingan pada hari Jumat (29/06/12) di sirkuit Assen,
Belanda. Beberapa keputusan mengenai perubahan regulasi telah
disepakati. Tetapi, itu hanya perubahan kecil, perubahan yang lebih
signifikan ternyata masih belum mendapat titik temu.
Perubahan aturan itu hanya menyangkut beberapa hal kecil seperti penghapusan aturan rookie, pembatasan jumlah motor prototype (dua untuk tim pabrikan dan dua lainnya untuk tim satelit) serta beberapa perubahan aturan untuk kelas Moto3.
Regulasi tentang ECU standard, batas rev dan juga apakan aturan baru
itu mulai berlaku pada tahun 2014 atau 2015, masih belum menemuai kata
sepakat.
“Kami masih mendiskusikannya. Saya akan terus dengan filosofi yang
sama, bahwa kita perlu mengurangi biaya, dan kita perlu untuk sedikit
mengimbangi perbedaan besar antar motor,” ungkap CEO Dorna Sports
Carmelo Ezpeleta dalam sebuah wawancara dengan situs Motomatters.com di Assen.
“Saya tidak mengatakan bahwa satu-satunya solusi adalah CRT, dan
tentu saja mulai tahun depan, kami akan memperbaiki motor CRT. Kami
sekarang berbicara dengan Magneti Marelli (pemasok ECU, red), mencoba
untuk membuat ECU kami sendiri, lebih berkembang, yang akan kami berikan
kepada semua tim CRT yang mereka akan dapat gunakan mulai tahun depan,”
lanjut Ezpeleta.
“Saya pikir ini juga akan meningkatkan daya saing motor CRT. Dan
tentu saja untuk 2014 saya terus berpikir ada kemungkinan untuk
membatasi jumlah revs, dan satu ECU yang sama untuk semua orang. Saya
tidak tahu apakah ini akan berlaku mulai 2014 atau 2015, tapi kami akan
terus dengan ide ini. Tapi masih ada diskusi dengan produsen.”
Menurut Ezpeleta, masih adanya perdebatan mendasar antara Dorna dan
MSMA (asosiasi produsen) telah membuat pembahasan regulasi ini menjadi
berlarut-larut.
“Well, ini berubah-ubah, karena beberapa hari mereka setuju, maka
hari-hari lain mereka mengatakan tidak, dan kemudian mereka terus
mengatakan bahwa bagi mereka hal yang paling penting adalah
mengembangkan teknologi, dan kami katakan bagi kami hal yang paling
penting adalah hiburan. Jadi kita kurang lebih dalam diskusi pemasaran,
lebih dari apa pun.”
Pria berkacamata itu mengaku tidak habis pikir kenapa idenya untuk
menekan biaya seolah terus ditentang oleh para produsen. Padahal dengan
situasi ekonomi saat ini, pengurangan biaya adalah hal mutlak yang harus
dilakukan.
“Saya pikir penting untuk dipahami dengan baik bahwa CRT hanyalah
nama. Ini adalah nama yang telah dimaksudkan untuk membantu jumlah motor
di grid.”
“Karena jumlah adalah satu-satunya hal yang tidak bisa Anda
diskusikan. Apakah ini OK atau tidak, jika melayani tingkat teknologi
yang produsen inginkan, ini perlu kita diskusikan, tetapi sebenarnya hal
ini telah dilakukan. Sekarang proposal dari beberapa produsen untuk
mulai 2014 menyediakan motor yang akan dijual dengan biaya sekitar 1
juta Euro per musim, termasuk part dan apa pun. OK, mari kita
lihat bagaimana itu bekerja. Tapi sebenarnya hal yang paling penting
adalah kita ingin mempertahankan balapan jarak dekat, membuatnya lebih
seperti race di Moto2 dan Moto3, dengan biaya yang wajar.”
“Dan ini adalah sesuatu yang secara jujur saya tidak mengerti mengapa
kita masih membahas tentang hal ini. Karena dunia berada dalam
kekacauan ekonomi, dan saya tidak bisa memahami bagaimana orang-orang
masih mendiskusikan mengapa kita perlu untuk mengurangi biaya. Dan
mengurangi biaya bukan (berarti) satu motor atau dua motor, sesuatu
seperti ini, sementara itu kita melakukan banyak hal untuk mengurangi
biaya. Ketika kita membahas pengurangan biaya, kami katakan, OK, berubah
menjadi rem baja. Lalu kami berkata, ada masalah apa dengan rem karbon?
Masalahnya adalah hanya harga. OK, mari kita lanjutkan dengan rem
karbon, tetapi dengan mengurangi harga. Bagaimana caranya? Dengan
membuat perjanjian dengan produsen rem karbon. Hal berikutnya mungkin
suspensi.”
“Dan satu atau dua motor? Yah, mungkin kami memiliki solusi yang baik untuk satu motor untuk flag-to-flag (saat balapan hujan, red), dan untuk membuatnya lebih aman, dan untuk menjaga sisi hiburan. Tapi mungkin hari ini saat warm-up
pembalap akan crash dengan satu motor, dan ia tidak dapat
berpartisipasi dalam lomba, ini tidak baik. Kita perlu mengurangi biaya
dalam hal-hal yang tidak membantu hiburan. Itulah filosofi. Dan OK, saya
menyadari saya harus menunggu orang-orang untuk memahami filosofi ini.”
Sponsor, juga menjadi masalah lain bagi tim-tim MotoGP. Sejak krisis
ekonomi melanda dunia, tak banyak lagi perusahaan yang berminat
mengucurkan dananya untuk menyokong pebiayaan tim yang berpartisipasi di
ajang balap motor dunia ini.
“Mengapa tim yang fantastis seperti Yamaha tidak memiliki title
sponsor? Bukan karena mereka tidak bekerja dengan baik, itu karena
(situasi) ini sangat sulit. Tapi dari sisi lain, banyak sumber daya yang
datang dari kami. Karena di sisi hiburan, dari televisi dan apa pun,
kami mendapatkan uang yang kemudian kami lewatkan ke tim-tim.”
“Dan ini adalah sesuatu yang tidak disadari orang, bahwa saya
membayar produsen. Dan kontribusi saya ke produsen lebih besar dari
berapa biaya untuk menjadi sponsor utama. Dan penting untuk membahas
tentang peningkatan pendapatan, OK, terserah kepada mereka, mereka dapat
meningkatkannya dan saya akan sangat senang jika mereka meningkatkan
pendapatan.”
“Situasinya sangat sulit, tetapi adalah masalah harga. Jika Anda
mencari title sponsor pada x jumlah uang seperti di masa lalu, Anda
tidak akan pernah mencapai itu untuk alasan yang sama. Anda tidak
menjual rumah dengan harga yang sama seperti lima tahun lalu. Tetapi
mengapa Anda harus memiliki sponsor utama? Karena Anda tidak dapat
menutupi biaya partisipasi sendiri. Jika biaya partisipasi berkurang,
kebutuhan Anda akan sponsor berkurang, atau mungkin tidak, mungkin Anda
dapat melakukannya sendiri, seperti di masa lalu. Pada tahun-tahun
terbaik kejuaraan dunia, mayoritas tim – bukan di zaman kita, sebelum
usia kita – tidak disponsori. Dan mereka bisa berpartisipasi. Mengapa?
Karena mereka menganggap ini penting bagi mereka. Kita perlu merenungkan
hal ini, kita dapat melanjutkan dengan mengatakan, kita perlu menjual
sponsor lagi, kita perlu menjual sponsor lebih banyak. Bahkan, tim
swasta menjual lebih dari tim pabrikan, kecuali Ducati. Dan tidak ada
seorang salesman yang buruk atau apa, itu karena hal tersebut sangat
sulit.”
Salah satu bagian yang masih paling mahal adalah biaya perjalanan, karena balap MotoGP digelar di seluruh dunia untuk 18 seri.
“Kami membayar biaya untuk itu. Ketika kita pergi ke Grand Prix di
luar Eropa, kontribusi dua kali lipat dari apa yang kami bayar untuk
sebuah Grand Prix normal, dan kami membayar sebagian besar dari angkutan
tersebut. Dan jika kelebihan barang, maka ini adalah bagian dari
perjanjian tersebut, tapi kami membayar bila pergi ke luar Eropa.”
Bicara balapan di luar Eropa, dalam kesempatan yang sama Ezpeleta
membeberkan rencananya untuk menambah seri MotoGP di kawasan Asia,
terutama di Asia Tenggara.
“Kami belum menyelesaikan perjanjian, kami bicarakan dengan mereka,
kemungkinan besar kita akan pergi ke India. Kami juga berbicara dengan
orang-orang di Asia Tenggara selama balapan di sana. Ada beberapa
kemungkinan, tapi akan ada Grand Prix baru di Asia Tenggara sebelum
akhir 2014, awal 2015. Itulah rencananya.”
Grand Prix baru di Asia Tenggara? Akankah Indonesia masuk hitungan?
0 komentar:
Posting Komentar